Jumat, 18 Desember 2015

KONDISI FISIK WILAYAH, SOSIAL EKONOMI, DAN KELEMBAGAAN

0 komentar
GEOGRAFI DAN ADMINISTRASI
Desa Sukoharjo merupakan salah satu dari 294 desa dan Kelurahan di Kabupaten Rembang. Desa ini dilalui jalan raya lintas Semarang – Surabaya. Di sebelah utara berbatasan dengan laut Jawa. Di sebelah timur berbatasan dengan Desa Kabongan Lor dan Desa Kabongan Kidul. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Pandean dan Kelurahan Kutoharjo. Di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kabongan Kidul dan Kelurahan Sidowayah.

FISIOGRAFI DAN KONDISI TANAH
Fisiografi dataran Tuf Masam didominasi oleh jenis tanah Kanhapoluduts yang bertekstur agak halus sampai halus, kedalaman tanah sangat dalam, drainase baik, kesuburan tanah rendah sampai sangat rendah, kapasitas tukar kation tanah rendah sampai sangat rendah dan reaksi tanah masam sampai sangat masam. Fisiografi Marin (dataran pantai) sebagian terdiri dari jenis tanah Hydraquesnts yang bertekstur tanah halus, kedalaman tanah sangat dalam, drainase sangat buruk, kesuburan tanah sangat rendah, kapasitas tukar kation tanah sangat rendah, dan reaksi tanah sangat masam. Sebagian lagi wilayah ini terdiri dari jenis tanah yang bertekstur kasar, kedalaman tanah sedang sampai dalam, drainase kadang-kadang berlebihan, kesuburan tanah rendah, kapasitas tukar kation sangat rendah, dan reaksi tanah sangat alkalin. Curah hujan di daerah Rembang berkisar antara 1.750 mm/th sampai 2.250 mm/th. Menyimak kondisi lingkungan fisik wilayah Desa Sukoharjo dapat dikemukakan bahwa lahan-lahan yang terletak di wilayah fisiografi marin lebih cocok untuk pengembangan pertambakan, sedangkan areal yang terletak di wilayah fisiografi dataran Tuf masim dapat digunakan untuk pengembangan tanaman pangan seperti ubi jalar, ubi kayu, tanaman sayuran seperti ketimun, bayam dan pepaya. Namun demikian di dalam pengelolaannya, karena wilayah ini tingkat kesuburan dan kandungan bahan organiknya sangat rendah, diperlukan pemupukan dan penambahan bahan organik dengan pupuk kandang atau mulsa. Pemberian mulsa sangat dianjurkan karena wilayah ini kondisi curah hujannya relatif rendah dan tidak merata.  

PEMANFAATAN LAHAN DAN PERAIRAN
Luas lahan desa Sukoharjo 11,6 ha.
Lahan tersebut dimanfaatkan untuk :
- Permukiman
:
9 ha
- Sarana Ibadah
:
0,5 ha
- Sarana Olah Raga
:
0,25 ha
- Sekolahan
:
1,5 ha
- Kantor Desa
:
0,35 h
Pemukiman (85 %).
Pekarangan (10 %).
Lahan perladangan atau pekarangan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menanam pisang, ubi kayu, ubi jalar dan tanaman lainnya.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar